Aslika Indriani : 51415012
Jovanka S : 51415037
Santi Sumarah : 51415054
A.
PENDAHULUAN
Dewasa ini, sedang maraknya e-commerce atau biasanya disebut sebagai perdagangan elektronik,
yaitu suatu jaringan komputer dan komunikasi yang digunakan untuk melaksanakan
proses bisnis. Terjadinya e-commerce sebagian
besar terdapat pada antar bisnis dan bukan hanya bisnis dengan konsumen.
Akan tetapi e-commerce
dipandang populer karena penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual
produk. Hal ini bukanlah suatu kesalahan melainkan sebagai bagian kecil dari
pandangan tentang e-commerce.
Untuk membuat operasi berjalan lebih efisien perlu
diupayakan memoertukarkan data secara elektronik selama bertahun-tahun. Di
ujung jalur dapat difasilitasi dengan perpindahan data antar komputer-komputer
bisnis dengan menggunakan perusahaan (AT&T, MCI, dan lain-lain), dan piranti
keras komunikasi. Pembuatan standart format pertukaran data setiap bisnis dapat
melakukan pertukaran data secara elektronik. E-commerce didukung dengan adanya pertukaran bisnis ke bisnis.
Perkembangan dunia e-commerce
saat ini sangat pesat, sehingga memunculkan e-commerce bisnis ke konsumen. E-commerce
masih berskala kecil jika dibandingkan dengan e-commerce bisnis ke bisnis. Akan tetapi penjualan ini memiliki
tingkat pertumbuhan yang tinggi dan juga memiliki laba yang besar. Untuk
menjalankan e-commerce perusahaan
perlu memahami internet dan World Wide Web. E-commerce
saat ini dianggap sebagai jenispenjualan yang berbeda, disuatu saat nanti
jenis penjualan ini akan menjadi transaksi sehari-hari.
B.
PEMBAHASAN
1. Perdagangan
Elektronik
Perdagangan elektronik (e-commerce) didefinisikan sebagai suatu transaksi bisnis yang
menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer dan antarmuka atau interface sebuah browser web. E-commerce di luar batas perusahaan
terdiri dari dua jenis yaitu e-commerce bisnis
ke konsumen (business to consumer-B2C)
yang mengacu pada transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen
akhir produksi. E-commerce bisnis ke
bisnis (business to business-B2B)
yang mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi
konsumen akhir. E-commerce B2C
menyumbang sekitar 2% dari seluruh penjualan ritel, namun e-commerce B2C menunjukkan penjualan ritel sebesar lebih dari $69
miliar pada tahun 2004.
2. Inteligensi Bisnis (Business Intelligence)
Inteligensi bisnis adalah aktivitas
pengumpulan informasi mengenai unsure-unsur di dalam lingkungannya yang
berinteraksi dengan perusahaan. Dibutuhkan mesin pencari untuk mencari
informasi yang dapat diakses melalui web. Sebagian kecil situs-situs pencari
ini antara lain : Yahoo!, Google, Excite, dan Askjeeves. Dengan menggunakan
fitur yang lebih canggih serta tidak dikenakan biaya, namun ada beberapaa
organisasi yang membayar perusahaan mesin pencari untuk menampilkan produk
dalam daftar hasil pencarian.
3. Strategi E-Commerce Dan Sistem
Interorganisasional
Sistem
interorganisasional istilah yang sering digunakan oleh ios adalah EDI yang
merupakan singkatan dari elektronik data interchange (pertukaran data elektronik).
Perusahaan bergabung dalam ios untuk mendapatkan keuntungan suatu perusahaan.
Sekutu sekutu datang bekerja sama ios dengan harapan akan dapat mewujudkan dua
manfaat penting yaitu : 1. Efisiensi komperatif yang dapat memproduksi barang
dan jasa lebih tinggi dengan biaya lebih rendah kepada pelanggan. 2. Kekuatan
penawaran untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan demi
keuntungan perusahaan.
4. EDI
Satu
cara untuk membuat ios adalah dengan cra pertukaran data elektronik –EDI melalui
aliran data yang menghubungkan perusahaan dengan pemasoknya. Manfaat langsung
EDI seperti pengurangan kesalahan, biaya yang lebih rendah, dan efisiensi
operasional.
5.
Strategi
B2C
Untuk E-Commerce
Nilai
uang e-commerce B2B membuat nilai
uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil, sekitar 6% dari nilai e-commerce yang dihasilkan oleh B2B
untuk e-commerce yaitu banyak
pelanggan yang memulai melakukan pembelian menggunakan web.
6. Langkah E-Commerce Berikutnya
Langkah
e-commerce berikutnya adalah perdagangan
bergerak dengan penggunaan telepon seluler dan asisten digital untuk melakukan e-commerce nirkabel. Nirkabel berkelas
bisnis disemua tempat yaitu dengan menggunakan Hotspot internet yang cukup
memadai untuk penggunaan web umum maupun pribadi.
7. Menggunakan Internet
Usaha
yang diawali pada tahun 1989 yang dikenal sebagai world wide web adalah informasi yang dapat
diakses melalui internet dimana dokumen disimpan dan kemudian diambil dengan
cara yang menggunakan metode penentuan alamat unik. Para pengguna juga dapat
menyalin file ke komputer mereka dari semua situs web dengan menggunakan file
transfer protocol.
C.
KESIMPULAN
Penerapan e-commerce
pada perusahaan dimaksudkan untuk
dapat memperbaiki layanan pelanggan, mempercepat hubungan dengan pemasok dan
komunitas keuangan, dan meningkatkan imbalan berupa hasil kepada pemegang saham
dan pemilik investasi.
Untuk dapat mendorong kekuatan dalam transaksi bisnis
maka dilakukan dengan e-commerce B2B.
Karena sebagian dari hasil penjualannya dari e-commerce.
Perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang efisien
komparatif yaitu dengan bergabung dengan IOS. Cara membuat IOS yaitu melalui
pertukaran data elektronik (Elektronic
data Interchange-EDI). Internet dapat membantu perusahaan untuk
mempromosikan produk-produknya dan dapat mengirimkan produk digital kepada
pelanggan, serta dapat mendukung proses-proses yang dimilikinya.
D.
REKOMENDASI MANAJERIAL
1)
Perusahaan
perlu menggunakan jaringan telekomunikasi yang aman agar tingkat kepercayaan
lebih tinggi bagi transaksi internet.
2)
Perusahaan
seharusnya dapat mengumpulkan informasi mengenai unsur-unsur di dalam
lingkungan yang dapat berinteraksi dengan perusahaan lain.
3)
Perusahaan
seharusnya menggunakan sistem interorganisasional agar semua perusahaan dapat
bekerjasama sebagai suatu unit yang terkoordinasi.
Sumber Referensi :
Raymond McLeod, dan Jr. George P. Schell. (2007).
Management Information System. 10 Edition. Pearson Education, Inc. New Jersy.
Terjemahan : Ali Akbar Yulianto dan Afia R. Fitriati.
(2008). Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Salemba Empat.
0 komentar:
Posting Komentar