Kamis, 20 September 2018

PENGGUNA DAN PENGEMBANG SISTEM

Aslika Indriani
:
51415012
Jovanka S
:
51415037
Santi Sumarah
:
51415054



A.    PENDAHULUAN
Spesialis-spesialis informasi sebuah perusahaan terdiri dari analis sistem, administrator basis data, webmaster, spesialis jaringan, programer, dan operator. Untuk dapat memastikan tercapainya suatu sasaran, perusahaan dapat melakukan evaluasi atas keuntungan dan kelemahan organisasi IS, dengan jaringan khusus yang diidentifikasi dari sekutu, platform, dan model-model yang dapat ditentukan skalanya.
Perusahaan sebaiknya mengelola pengetahuan yang diwakili oleh sumber-sumber daya informasinya, seperti peranti lunak, database, dan dalam pengetahuan khusus yang dimiliki oleh pengguna komputer dan spesialis informasi.
Dewasa ini, banyak pengguna melakukan sebagian besar pengembang sistemnya sendiri, namun beberapa masih sepenuhnya mengandalkan diri pada spesialis-spesialis informasi. Pengguna mengerjakan pengembang dan mengandalkan spesialis hanya untuk jasa konsultasi. Komputasi pengguna akhir mampu memberikan manfaat yang nyata, namun bukan tidak ada risiko.
Aplikasi-aplikasi otomatisasi kantor pada awalnya dirancang untuk digunakan oleh para karyawan sekretaris dan juru tulis. Namun tidak butuh waktu lama, aplikasi ini mulai menyebar ke tingkat manajerial dan profesional. Hal ini para pengguna dan spesialis informasi memiliki peranan yang besar dalam aktivitas revolusi atau perubahan.


B.     PEMBAHASAN
1.      Organisasi Bisnis
Area bisnis dasar suatu perusahaan yaitu : keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, dan pemasaran.
a.          Dukungan Sistem Informasi bagi Organisasi
Sistem Informasi Manajemen dirancang untuk organisasi fisik (manusia, bahan baku, mesin, dan uang) dialokasikan ke berbagai area fisik perusahaan-anak perusahaan global, devisi, wilayah, distrik,cabang dan seterusnya.

2.      Organisasi Layanan Informasi
a.          Sumber Daya Informasi
Sebagian besar sumber daya informasi umumnya berlokasi di layanan informasi dan merupakan tanggung jawab dari cluef information officer (CIO). Sumber daya informasi yang terdapat di area pengguna adalah tanggung jawab dari para manajer area pengguna.
b.         Spesialis Informasi
                 Istilah spesialis informasi (information specialist) untuk menggambarkan karyawan yang tanggung jawab utamanya adalah untuk memberikan kontribusi atas tersedianya sumber daya informasi dalam perusahaan. Spesialis Informasi terdiri dari : analisis sistem, administrator basis data, webmaster, spesialis jaringan, programmer, dan operator.

3.      Struktur Organisasi Layanan Informasi
a.         Trend dari struktur tersentralisasi ke desentralisasi, struktur khusus seperti ini disesuaikan dengan siklus hidup sistem. Perusahaan menugaskan beberapa orang analisis sistem serta programmer lainnya untuk memelihara sistem yang sudah ada.
b.         Struktur organisasi inovatif, peneliti SIM mengidenifikasi tiga struktur inovatif yang disebut model sekutu (partner model), model platform (platform model), dan model terskala (scalable model).

4.      Komputansi Pengguna Akhir
Komputansi pengguna akhir yaitu pengembangan seluruh atau sebagian sistem informasi oleh penggunaa. Pengguna komputansi akhir timbul disebabkan oleh empat pengaruh utama yaitu : dampak pendidikan komputer, antrian layanan informasi, murahnya peranti keras dan peranti lunak siap pakai.

5.      Pengguna Sebagai Suatu Sumber Daya Informasi
Pengguna dari sistem informasi perusahaan adalah sumber daya informasi penting yang dapat memberikan satu kontribusi nyata dalam mencapai sasaran strategis dan meraih keunggulan kompetitif.
a.         Keuntungan komputansi pengguna akhir : menyamakan kemampuan dan tantangan, dan mempersempit jarak komunikasi.
b.          Risiko komputansi pengguna akhir :
1)    Sasaran system yang buruk
2)   System yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk
3)   Pengggunaan sumber daya informasi yang tidak efisiensi
4)   Hilangnya integritas data
5)   Hilangnya keamanan
6)   Hilangnya kendali

6.      Kriteria Pendidikan, Pengetahuan, dan Keahlian yang Dibutuhkan Untuk Karier di Bidang Layanan Informasi
a)    Pengetahuan Pengembang Sistem
Pengetahuan adalah sesuatu yang dapat di pelajari, baik itu melalui mata kuliah formal ataupun melalui upaya sendiri seperti membaca dan mengamati. Pengetahuan komputer (computer literacy) adalah kemampuan untuk menggunakan sumber daya komputer guna mendapatkan pemrosesan yang dibutuhkan.
Teori sistem menjelaskan bagaimana cara menggambarkan suatu fenomena dalam bentuk struktur-struktur sistem normatif. Pembuatan model sistem terdiri atas berbagai cara untuk mendokumentasikan suatu sistem.
b)   Keahlian Pengembangan Sistem
Keahlian komunikasi (commmunications skills) melibatkan kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada satu orang atau lebih dengan menggunakan komunikasi lisan, tulisan, atau gambar. Kemampuan analis melibatkan pemahaman akhir untuk merumuskan respons. Kreativitas yaitu penciptaan ide baru yang separuhnya baru. Kepemimpinan adalah kemampuan mengarahkan orang lain dalam melaksanakan tugas.

7.         Mengelola Pengetahuan yang Ditujukan Oleh Sumber Daya Informasi Perusahaan.
Beberapa sumber daya seperti peranti keras, peranti lunak, spesialis informasi, pengguna, fasilitas, basis data, dan informasi mencerminkan gudang-gudang penyimpanan pengetahuan yang berharga.

8.         Otomatisasi Kantor
Yaitu penerapan otomatisasi, seperti teknologi, komputer, pada pekerjaan kantor. Dan otomatisasi meliputi seluruh sistem elektronik formal maupun informal.
a)      Pergeseran dari Pemecahan Masalah Administratif ke Manajerial
Manajer dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Mereka dapat menggunakan e-mail untuk berkomunikasi dengan pemecahan masalah lainnya.

9.         Kantor Maya
Konsep kantor ini pekerjaan dapat dilakukan hampir di semua lokasi geografis selama mereka terhubung satu sama lain.
a.         Tellecommuting, merupakan satu cara yang tepat untuk menggambarkan bagaimana karyawan dapat secara elektronik pergi ke tempat kerja.
b.        Hotteling, perusahaan menyediakan suatu fasilitas terputus yang dapat dibagi bersama oleh karyawan jika terdapat kebutuhan akan ruangan dan dukungan kantor.
1.        Keuntungan Kantor Maya
        Kantor maya mampu mengatasi kendala fisik dari suatu tempat kerja dengan peranti elektronik sehingga memungkinkan diperolehnya beberapa keuntungan, yaitu biaya fasilitas yang lebih rendah, biaya peralatan yang lebih rendah, berkurangnya perolehan pekerjaan dan kontribusi social.
2.        Kerugian Kantor Maya
Ada beberapa dampak negatif dari kantor maya, yaitu moral yang rendah karena tidak adanya umpan baik positif yang berasal dari interaksi tatap muka dengan atasan dan sesama rekan kerja, kekhawatiran akan risiko keamanan, keamanan data dari informasi dapat lebih sulit untuk kendalikan dalam lingkungan kantor maya.

10.     Organisasi Maya
Disebuah organisasi maya, operasi keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi tidak terikat pada lokasi fisik.
a.              Dampak Sosial Organisasi Maya
Industri yang paling tertarik pada konsep kantor maya dan organisasi adalah industri yang memberikan nilai tambah dalam bentuk informasi ide dan kecerdasan. Kantor maya dan organisasi maya akan menurunkan permintaan gedung pencakar langit dan transportasi.

C.    KESIMPULAN
Struktur organisasi bisnis klasik yang terdiri atas area-area seperti keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, dan pemasaran merupakan sebuah konsep sumber-sumber daya fisik. Spesialis informasi dan pengguna sebuah perusahaan mencerminkan sumber-sumber daya informasi yang berharga. Untuk dapat memenuhi kebutuhan para pengguna, para spesialis ditugaskan dalam mengimplementasikan sistem yang meliputi analisis sistem, administrator basis data, webmaster, dan spesialis jaringan, dan juga programer dan operator.
Setiap orang yang mengembangkan sistem harus memiliki pengetahuan meliputi pengetahuan komputer dan informasi dasar-dasar bisnis, teori sistem, proses pengembangan sistem dan pembuatan model sistem. Keahlian meliputi komunikasi, kemampuan analitis, kreativitas dan kepemimpinan. Adanya evolusi telecommuting dan hoteling, karyawan dapat menggerjakan tugasnya tanpa melihat lokasi fisiknya.

D.    REKOMENDASI MANAJERIAL
1.         Perusahaan sebaiknya menambah atau memberikan pengetahuan tentang komputer dan informasi kepada pengguna secara efisien.
2.         Perusahaan perlu menerapkan perencanaan yang strategis dengan memanfaatkan jaringan penentu visi.
3.         Perusahaan sebaiknya melibatkan para pengguna dalam mengembangkan sistem informasi.
4.         Perusahaan perlu menerapkan konsep organisasi maya.
5.         Perusahaan sebaiknya memberikan pengetahuan dasar tentang pemanfaatan informasi.
6.         Perusahaan perlu mengembangkan pengetahuan mengenai pengembangan sistem.


Sumber Referensi :
Raymond McLeod, dan Jr. George P. Schell. (2007). Management Information System. 10 Edition. Pearson Education, Inc. New Jersy.
Terjemahan : Ali Akbar Yulianto dan Afia R. Fitriati. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Salemba Empat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Sistem Informasi Manajemen Blogger Template by Ipietoon Blogger Template